Minggu, 05 Agustus 2012

Hakekat Hidup Manusia

Jika berbicara tentang bagaiamana sebenarnya seharusnya manusia hidup di dunia, atau bagaimana menjalankannya, maka jawabnya haya satu bahawa tugas manusia hidup di dunia ini adalah tidak lain tidak bukan adalah hanya untuk beribdah kepada-Nya. Menjadi abdi sejati bagi-Nya. Lalu bagaimana untuk kehidupan di dunia ini? Janganlah risau, karena apa pun yang bisa kita kerjakan di alam dunia ini segalanya bisa menjadi sebuah ibadah. Yang terpenting kita tahu hal pertama yang mesti kita lakukan untuk menjalani kehidupan selanjutnya di alam dunia ini. Hal yang paling pertama itu adalah mencari ilmu. Dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.

Setelah itu barulah kita dapat menjlankan segalanya berdasarkan ilmu yang kita miliki. Dengan ilmu, kita dapat mengetahui apa-apa saja yang bisa menjadi ibadah kepada-Nya. Maka tujuan hidup sebenarnyapun akan bisa kita capai yaitu beribadah kepada Allah SWT. Tentu saja di dalamnya termasuk banyak kegiatan untuk urusan kepentingan kita di dunia.

Untuk menjalankan kehidupan di dunia kita bisa mengacu pada firman Allah yang artinya:

Barang siapa yang mau bertawakal (Berserah diri kepada Allah), maka Allah akan mencukupi kebutuhannya.” (Q.S. At-Talak: 3)

Pengertian dari pada tawakal adalah hati bersujud pasrah kepada Allah SWT. dengan usaha semaksimal mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar